Beramai-ramai Bikin Server Down

12:19:00 AM


Tanggal 15 Desember 2014, buat yang udah jauh hari bikin reminder pasti tau ini hari apa.
HEYAK! Hari pre-order bukunya Raditya Dika yang judulnya Koala Kumal. Aku ngga fanatik sama Radith, aku cuma selalu excited tiap ada buku barunya doi terbit (apa bedanyaaaaa?!) #NoRadityaDika #NoRaisa #NoAgnezmo

Jadi singkat cerita, pertama aku kenal Radith dari buku pinjeman temen sewaktu SMP. Katanya yang demen minjem-minjem doang bakal dikutuk jadi sempak. Pertama baca Babi Ngesot. Karena bukunya ngocol dan gemes sampe pingin gigitin, jadilah aku beli dari buku pertama -Kambing Jantan- dan sampe sekarang masih ngikutin. Sayangnya, Cinta Brontosaurus & Radikus Makan Kakus masih dibawa temen hueeeee *sedih*



Di akhir tahun 2014 ini, akhirnya Doi ngeluarin buku lagi. Setelah 3.5 tahun dari buku terakhir, Manusia Setengah Salmon. PENANTIANKUUUU! PENANTIAN KITA SEMUAAAA! Dan hari ini, semua beramai-ramai sukses bikin server Bukabuku.com down.

Pre-order buku Koala Kumal ini dibuka tepat jam 00:00 WIB di web bukabuku, 1000 yang pertama dapetin buku+tandatangan+kaos. Dan yang ngehe, malemnya aku ketiduran. Sampe ada 19 missed call dari temen (yang diajak barengan PO buku) karena saking kebonya. Tidur apa mati suri sih,mbak?!
Bersyukur, tiba-tiba aku kebangun lalu lari nyalain laptop. Masih sisa 1 menit 43detik sebelum PO dibuka. Yak 1 menit 43 detik. Yak 1 menit 43 det.. zzzzzz. Jangan-jangan tadi ada malaikat ganteng yang ngebangunin aku dari tidur biar ngga kelewatan. Semesta Maha Oke!

Detik-detik terakhir..
3..
2..
1..
0..
PRE-ORDER DIBUKAAAAA!





...dan JENGJENG! bergitu aku klik "add to cart", yang keluar malah 
*hening*

*refresh*
*refresh*
*refresh*
*refresh*
*refresh*
*refresh*
*refresh*
Refresh aja terus sampe f5 berubah jadi Meteor Garden!

Seneng karena akhirnya di-refresh-yang-entah-keberapa webnya mau, dan sisa 998 lagi buat dapetin buku+kaos. Ebuset, itu siapa kenceng banget udah bisa mesen. Curiga doi yang sengaja bikin down, terus mesen buku dengan tenang. Astagfirullah.. mikirnya.. *cuci otak*
Bete webnya error, aku pindah bentar ke twitter liat kondisi. HAHAHA pada ngeluh karena ga bisa mesen. Ya gimana, 200ribu orang masuk ke web secara bersamaan kan gila. Kayak makan nasi plus soto, tapi kuah sotonya disiramin ke muka. Masa bodo deh mau nyambung apa ngga..

Setahap demi setahap akhirnya bisa. 
Dari sign in-error-error-error-error-error-add to cart-error-error-error-tambah alamat pengiriman-lalu link ga bisa diklik. 
Salah apalagi hambaMu ini..

Di line, aku & Mitho uda gelisah gundah gulana. Mitho uda hopeless "Bye Koala Kumal" segala. Balik ke twitter, aku nyari-nyari solusi. Karena kita tidak boleh menyerah hanya karena hal kecil. Kita hanya boleh menyerah pada soal matematika. Dan suatu pencerahan datang...
ada link alternatif ke web lama bukabuku, yang mana dikit orang buka, udah pasti ngga down kayak web sebelah. CAWWW!

Semua berjalan lancar jaya sampai selesai pemesanan dan tinggal bayar. Aku cepet cepet ngeline Mitho "CUSSSS!"
loh?
Yoi! Kita satu team. Aku bagian mesen-mesen di web, dan Mitho udah sedari tadi siap-siap tinggal tancap gas ke atm deket kosan. Jam 1 pagi. WARBIYASAK! karena kita berdua sama-sama belum daftar e-banking. Mitho jagoan abis! Dini hari motoran ke atm buat transfer duit. Doi cerita, sampe ada bapak-bapak yang lagi ngeronda ngeliatinnya gitu banget. Ya menurut ngana?!

Pesen udah, transfer udah, tinggal konfirmasi. HMMM cek web masih sisa 840an, lalala~
Lagi lagi aku ke twitter liat2 situasi. Hectic banget masih pada belum bisa mesen. Ada yang sengaja nongkrong di CK biar sekalian trf duit, ada yang di warnet, duh Dith kami gila Dith.
Baru kali ini aku & Mitho ngerasa kayak menang sesuatu, padahal cuma order buku. Di buku Marmut Merah Jambu kemarin juga ada gratis kaos begini, tapi sayangnya waktu itu aku masih belom ngerti perjuangannya segini banget, pantesan ga dapet kaos.

Berhasil, berhasil, berhasil YAY! We did it!

Sungguh Senin pagi yang heboh.
Ralat.
Sungguh Senin dini hari yang heboh.

Setelah berjuang, aku lelah, aku mau tidur kak..
Akhirnya bisa tidur lagi, dengan perasaan "YEA! IM THE BOSS!", lalu dikemplung rame-rame karena terlalu sombhon999.

Cepat datang, Koala Kumal. 
Cepat bergabung di lemari buku.
Mereka semua menunggumu. 

You Might Also Like

2 comments

  1. Aku liat di twitter memang heboh banget, ya, hihihi. Aku belum pernah baca buku-bukunya RD. Tapi jadi penasaran ;)

    ReplyDelete
  2. @dunia kecil indi hehe iya Kak.. heboh banget sampe rela nungguin detik2 buka POnya xD

    ReplyDelete

Flickr Images

Subscribe