FAQ (Frequently Asked Question) About Fashion Design ISI Denpasar

2:55:00 PM

difotoin sama @tatahariadi
styling&make up sama @yaelahbro

Awal-awal jadi anak kuliahan, dateng pagi udah bukan pake baju seragam lagi. Tampilan rapi nan bersih, parkiran masih sepi, para pegawai masih pada nyapu, dan aku sepagi itu udah duduk di tangga FSRD. Semangat masih berkobar bagai obor olimpiade. Bagai lagunya Sandy Sandoro, tak pernah padadam padadam, huy! padadam padadadam..

Tiba-tiba sekarang udah menginjak semester dua aja. Dunia perlahan mulai berjungkir balik. Masih tetep dateng pagi, tapi diem (dan tidur kalo masih ada waktu) di rusun. Masih sisirin rambut, kalo sempet. Masih tampil rapi, kalo lagi mood. Tinggal tunggu saatnya ke kampus modal cuci muka doang. Pasti akan tiba saatnya!

Beberapa bulan lagi udah saatnya siapin lagu Pee Wee Gaskins - Welcoming The Sophomore buat jadi soundtrack dah.. Tsah sok sokan buat bulan2 depan.. selesaiin tugas ini dulu icakale..

Dan juga mulailah momok yang ditunggu-tunggu murid sekolahan se-Indonesia ...UJIAN NASIONAL. Teteteroreeeeet.. Syukur udah lulus, apa itu UN? Apa itu UKK? Bentar.. mau ketawa jahat dulu. Pokonya selamat ujian ya adik-adik, gitu aja mah, masa rela dikalahin soal ujian? *yea,dulu h-3 jam sebelum berangkat UN masih sempet nonton film You're The Apple of My Eye*

Yang lebih rese dari UN mah menanti. Salah satunya seleksi masuk perguruan tinggi. Udah pada nyari kan? Uda mantep sama pilihannya? Dannnnn berhubung lagi pas banget masa-masa pencarian kampus, kali ini ayo deh aku ulas sedikit tentang prodi Fashion Design di ISI Denpasar. Mungkin aja ini yang selama ini kalian cari.. *halah*


Kak, jurusan fashion design di ISI ya?
eyaeyalah.. emaap bingung mo bikin apaan awal-awalnya..


Jurusan fashion di ISI itu ngapain aja sih?
Belajar dan belajar (ampun, sekali lagi jawab ngaco bakal ditimpuk). Banyak sih sebenernya dan aku juga masih mahasiswa baru *masih muda qaqa* jadi yang aku jelasin pelajaran tahun awal aja ya? 
Tahun pertama kita masih ditemuin sama mata kuliah umum yaitu 
-  Pancasila
-  Bahasa Indonesia
-  Bahasa Inggris
-  Agama 
...dan asiknya minus matematika. Ya,buat yang lemah matematika mari angkat gelas, kita bersulang, bersorak bersama!

Selanjutnya ada pelajaran yang ada kaitannya sama seni rupa (yep, prodi fashun dibawah naungan FSRD) yaitu 
-  nirmana
-  menggambar
- ornamen
- anatomi
Beberapa contoh tugas smt 1 yang sempet kefoto. Sisanya ga pernah foto-fotoin lagi.
Hape aing rusak :'))

Lalu ada mata kuliah yang berhubungan dengan prodi yaitu 
- Tinjuan Busana Tradisional Bali (ini asik buat nambah wawasan, dosen pengajarnya suka bawain kain kuno yang usianya udah puluhan-bahkan-ratusan tahun, harganya bisa pake beli sepiring siomay selama 30tahun lah kira-kira)
- ilustrasi fashion (yha.. gambar bikin desain2 baju, impian masa kecil jadi nyata)
- teknik menjahit (yang belum pernah megang mesin jahit jangan keburu cepet bete ya belajarnya, jangan kayak akuuu)

...tapi gak cuma itu aja! di tahun berikutnya kita dapet pelajaran Fashion Make Up & Hair Do, Accessories Design, Fashion Photography ...dan banyak lagi!

Susah gak?
Susah ...kalo emang beneran belajar. Lah? Becanda. Mungkin karena aku dulunya jurusan yg ngedesain bentuk visual sekarang ke jurusan yang ngedesain bentuk nyata, jadi agak-agak kagok terutama di mata kuliah pola & menjahit. Rasanya ngeliat temen-temen yang uda lancar pengen jedokin pala. Mereka jahit garis lurus, sementara aku garis mencong, udah bisa masang benang ke jarum tanpa nyontek mesin sebelah aja udah syukur. Tapi ...kita harus tetep cemangat! Kita pasti bisa menaklukan mesin jahit itu! *injek2 mesin jahit*

Kuliah jurusan fashion nantinya bisa jadi apa aja?
Bisa jadi insan yang berguna bagi nusa dan bangsa! Tsahelah.. Pastinya banyak yang bisa kita kerjain nanti. Contoh nih ya :
- Fashion Journalist , pernah liat live repotnya Sonia Eryka dkk. bersama Fimela waktu di New York Fashion Week? Nah, itu termasuk jadi fashion journalist. Kebayang serunya kita dapet tugas, ngereport tentang acara fashion, sekaligus bisa jalan-jalan. Mimpi gak sih? :'))

- Pattern Maker , alias pembuat pola. Nah dulu sih awalnya aku kira bikin baju ya cuma gunting bola baju, terus jahit deh sekeliling ...ternyata salah banget. Bisa pola ini mungkin  bisa dibilang jadi pondasi kita yang pengen jadi desainer. Kalo udah bisa pola, pokonya jahit nomer selanjutnya lah..
- Fashion Illustrator , yang lemah di jahit-menjahit tapi jago gambar jadi ilustrator fashion itu juga keren banget!

- Fashion Consultant , buat yang suka & match baju atau yang biasa sering ngasi saran ke temennya tentang outfit yang bagus dipake, bisa jadi kamu adalah seorang fashion consultant! Dengan taste of fashion yang unik dan punya ciri khas sendiri, selalu update tentang trend terbaru, mengerti selera klien, duh, berasa main baju-bajuan gitu seru ya gak sih?
- Textile Designer , kalo tertarik belajar bahan & bikin motif tekstil jadi desainer tekstil bisa juga! Apalagi di Indonesia masih tergolong sedikit yang fokusin ke bidang ini, padahal desainer tekstil dibutuhin banget.

- Fashion Designer , jadi inget waktu masih kecil suka banget gambar desain baju berasa udah kayak desainer beneran, eh sekarang jadi beneran belajar beginian. Sama juga gak masa kecil kita? Jadi fashion designer mungkin passion kamu! *tsaaah* *udah berasa prospek MLM aja mba..*

Terus, fasilitas yang disediain apa aja nih?
- ruang kelas
- ruang pola
- ruang jahit
- ruang steam
- perpustakaan
- CAD lab dengan software pattern making
- display area
buat yang penasaran, boleh kok dateng ke ISI, nanti kami ajak liat-liat studio! Pendaftaran ikut tour gratis, sisanya dibayar pake cinta dan nasi campur kantin Meme. Tsahhh..


Apalagi sih yang bikin asik masuk jurusan fashion?
celalu ceria!
Enak dan asik kalo ibarat makanan favorit aku itu terang bulan keju susu. Yha emang ga ada hubungan, tapi setuju kan keju susu itu enak?! Sejauh ini sih aku suka! Nah uda dapet baca belum yang cerita aku dkk. jadi dresser di acara Fashion Tendance? Bisa ikut berpartisipasi di acara, ketemu desainer2 Indonesia, liat hasil desainnya, pegang pegang bajunya *hmm*, pengalaman di backstage. Ikut dateng di event fashion show, ya meski belum yang sekelas Jakarta Fashion Week (heikss,pengen!). Dan punya temen-temen yang ngga menghalangi kita buat beresplorasi style pakaian kita. Dulu sewaktu SMP pernah sempet ilang percaya diri gara-gara "dikecilin" sama pandangan aneh ke baju yang aku pake. Sedih gak ketika kita pengen nyoba hal baru, tapi pas baru nyoba udah dibikin down? Aku sih yes.. ngga tau Mas Anang. Alhasil tiap mau keluar ngga pernah mau "nyoba" lagi, udah terdefault kaos + celana pendek selutut + sandal jepit + tote bag. *yah,emaap kok malah curhat*. Hal asik lainnya, kita bisa belajar bikin aksesoris sendiri, bikin moodboard, bikin baju, itu semua rancangan sendiri. Mimpiku.. :') *mimpiku~ mimpi mimpi manieeeees~*







Udahan ah tanya-tanyanya..
iya.. aku juga uda bingung mau nulis tentang apa lagi he.. he..

Ngga tau kenapa kepikiran buat nulis topik ini, jurusan ini jurusan baru di kampus ...dan aku pengen banget tunjukin & promosiin. *hiahaha, ga ngerti kenapa mesti diisi ketawa*.
Misi terdekat ini : aku harus bisa taklukin mesin jahit. BLAM!

Ya.. mungkin segitu aja dulu ya yang bisa di-intip sekilas di sini. Sisanya boleh tanya-tanya langsung atau berkunjung lah ke ISI buat liat-liat ...feel free!

click link ini untuk menuju...
instagramku --- kejubasi
twitterku --- @oyonggg
jadi nanti buat yang penasaran, bisa temui aku di akun itu. *halah,gayaneee*

Semoga postingan ini membantu sedikit tidaknya buat kalian yang lagi nyari info tentang jurusan fashion di ISI Denpasar. Yea.. I know dat feel ketika pengen nyari tau tapi ga nemu-nemu. Salam soda gembira! *bersulang* *mabuk*

You Might Also Like

6 comments

  1. Cetar banget infonya kak.. Jadi gak bimbang lg deh mau ambil jurusan design fashion di isi :D

    ReplyDelete
  2. @Irvina cakep postingannya apa foto-fotonya Kak Pin? *ea* *dislepet*

    ReplyDelete
  3. @Agita Ajeng makasih,semoga membantu ya.. calon2 anak fashion nih ahaha x))

    ReplyDelete
  4. Haloo kakk postingan kakak bener2 ngebantu aku bangetttt
    test lagi 6 hari qaqa hua tp aku bener2 yakin pilihanku buat terusin fashion design di isi

    yaampun kak, sblmnya aku pernah stalkin kakak di ig karena kakak merupakan jurusan dibidang ini, ga sengaja nemu gtu.. eh skrg ternyata nemu blognya tanpa sengaja juga. Kita jodoh kali ya kak *plak
    eh iya kak klo boleh tau pas test bakat itu ngapain aja ya? Buat rancangan baju kah ato ornamen gtu?? *yaelahmalah mudus* *timpuk lalu buang ke jamban*
    Klo kakak ga kebearatan boleh lah bagi info yaa '_' *yahkokmaksa
    kkkk btw thanks bgt yaa kak.. jd makin semangat aku buat belajar :)

    ReplyDelete
  5. kak fashion desain isi ada sosmednya ga? boleh dong di share, biar tau kalo ngadain acara semacem fashion week gitu. makasih!:)

    ReplyDelete

Flickr Images

Subscribe